ENGINE SUSAH DINYALAKAN

Dengan memutar kunci kontak pada posisi “on” kemudian menekan tombol starter atau menggunakan kick starter mesin tidak mau menyala.Untuk mencari penyebab masalah ini kita
dapat melakukan analisa sebagai berikut:

  • Motor Starter Tidak Berputar.

Kemungkinan penyebab motor starter tidak dapat berputar adalah:

1. Sekering rusak/putus.

Periksalah sekering dari rumahnya kemudian periksalah kondisinya.Jika sekering tersebut rusak atau putus gantilah dengan yang baru dengan Amperhour yang telah ditentukan jangan mengganti dengan Amparhour yang lebih tinggi karena jika terjadi hubungan pendek sekering tidak dapat putus sehingga mengakibatkan kebakaran.Pastikan sekering terpasang dengan kokoh dan terminal rumah kopling tidak kotor sehingga terjadi kontak yang tidak baik.

2. Baterai/aki lowbat atau kurang terisi.

Periksalah level cairan elektrolit aki harus berada diantara level yang telah ditentukan.Jika level cairan elektrolit berada dibawah batas terendah akan menyebabkan aki cepat rusak maka sebaiknya perlu dilakukan pengecekan kondisi level cairan elektrolit secara berkala.

3. Terminal baterai longgar atau berkarat sehingga terjadi kontak yang buruk.

Hubungan antara kabel dengan terminal aki yang buruk ditandai dengan timbulnya panas pada terminal-terminal baterai saat engine dinyalakan.Hal ini biasanya disebabkan oleh kendornya baut penetap dan juga karat pada terminal-terminal baterai.
Untuk mengatasi hal ini ,kencangkanlah kembali baut penetap dengan menggunakan obeng atau dengan kunci pas sampai hubungan terminal baterai dengan kabel kokoh dan tidak bergoyang.Untuk mengatasi karat,pertama-tama lepaskanlah semua kabel dari terminal.Kemudian dengan menggunakan ampelas atau juga bisa menggunakan sikat kawat bersikanlah terminal-terminal dari karat sampai bersih.Untuk mencegah timbulnya karat kembali lapisiah terminal-terminal baterai dengan grease.

4. Terdapat kabel yang putus pada rangkaian listrik sepeda motor atau hubungan konektor yang longgar.

Periksa persambungan-kabel dengan menggunakan multitester pada bagian-bagian konektor,kemungkinan konektor kotor sehingga terjadi kontak yang tidak bagus.Periksa juga kabel-kabel karena ada kemungkinan terjadi kabel putus didalam selongsong isolasi.

5. Switch ignition rusak/tidak kontak.

Jika switch starter ditekan namun motor starter sama sekali tidak berputar dan engine tidak menyala.Kemungkinan masalah penyebabnya adalah:

Periksa kondisi komponen switch magnetis.Putar kunci kontak pada posisi “on”sambil menekan tombol starter kita dengarkan komponen switch magnetis.Jika saat witch ditekan terdengar bunyi “klik” berarti switch magnetis masih bekerja dengan baik,kemungkinan masalahnya ada pada:

• Kondisi voltase aki yang lemah.
• Motor starter penggerak engine rusak.

Namun jika pada pemeriksaan switch magnetis tidak terdapat bunyi klik pada saat starter switch ditekan kemungkinan masalah yang terjadi adalah pada:

• Aki benar-benar kosong.
• Switch starter rusak.
• Magnetic switch rusak.

  • Motor Starter Berputar Namun Tidak Kuat Memutar Engine,Begitu Juga Dengan Menggunakan Kick Stater Mesin Masih Tidak Mau Menyala.
Kemungkinan masalah penyebabnya adalah:

1. Kopling starter rusak.

Hal ini bisa disebabkan karena roda gigi penggerak starter rusak atau kopling starter telah aus sehingga terjadi slip.

2. Cara menstart engine tidak sesuai standar yang benar.

Cara menstart engine yang umum digunakan adalah memutar kunci kontak pada posisi “on” kemudian tekan tombol starter sekitar 5-10 detik .Jangan menekan tombol starter terlalu lama karena dapat merusak baterai/aki.Penggunaan choke diperlukan ketika mensterter mesin dari kondisi dingin,jika menstarter mesin dalam keadaan mesin telah digunakan atau panas choke tidak diperlukan.Menyalakan starter elektrik dalam keadaan engine menyala dapat mengakibatkan kerusakan pada kopling starter.

3. Bahan bakar bensin habis.

Buka tutup tangki bensin dan lihatlah kedalam apakah level bahan bakar masih mencukupi untuk menyuplai karburator .Atau bisa juga dengan mengamati level meter bahan bakar yang ada pada speedometer.Jika level bahan bakar di dalam tangki dibawah level yang telah ditentukan bahan bakar tidak dapat mengalir ke karburator.

4. Saluran bahan bakar bensin tersumbat,bensin tidak sampai ke ruang bakar.

Kemungkinan katup suplai bensin yang ada di dalam karburator tersumbat sehingga di dalam karburator tidak ada bahan bakar untuk dikirim ke ruang bakar.Bukalah karburator periksa kondisi katup apakah berfungsi dengan baik ataukah terjadi penyumbatan oleh kotoran dari bensin.Jika terjadi penyumbatan karena kotoran segeralah bersihkan.

5. Tidak terjadi bunga api listrik pada busi atau bunga api listrik pada busi lemah sehingga tidak dapat membakar bensin.

Jika pada busi tidak terdapat bunga api listrik tegangan tinggi atau terdapat bunga api namun kekuatannya kecil maka di dalam engine tidak dapat terjadi pembakaran. Hal ini bisa disebabkan dari berbagai macam faktor diantaranya:

• Busi telah rusak.
• Tutup busi tidak terhubung dengan baik dengan busi (longgar).
• Jarak celah busi tidak sesuai dengan standar yang telah ditentukan.
• Kerusakan pada sistem ignition (ignition timing,titik kontak,kondensor dan koil ignition).

6. Bensin yang dihisap engine terlalu berlebih.

Jika campuran antara bensin dan udara terlalu kaya atau terlalu miskin pembakaran tidak akan dapat terjadi.Untuk menghasilkan pembakaran di dalam uang bakar harus terdapat perbandingan yang sesuai antara bensin dan udara.Untuk mengatasi hal ini cobalah untuk mematikan switch ignition atur choke pada posisi terbuka,putar gas pada posisi terbuka penuh kemudian pergunakanlah kick starter kaki beberapa kali nyalakan switch ignition pada posisi “on”kemudian nyalakan engine dengan switch starter sebagaimana biasanya.

7. Bensin dari tangki tidak mengalir ke karburator.

Hai ini biasanya disebabkan saringan yang terdapat di bawah tangki tersumbat kotoran dari bensin.Pengecekan berkala filter ini adalah baik untuk dilakukan untuk menghindari tersumbatnya aliran bensin ke karburator yang menyebabkan engine tidak dapat bekerja.Untuk mengatasinya bukalah baut filter kemudian keluarkan saringan dan bersihkanlah dengan menggunakan angin compressor sampai bersih kemudian pasanglah kembali.

8. Karburator banjir.

Level bensin didalam karburator yang terlalu tinggi menyebabkan campuran bahan bakar terlalu kaya yang menyebabkan mesin sulit atau tidak mau menyala.Untuk mengetahui banjir atau tidaknya karburator dapat kita lakukan dengan memutar drain ke arah membuka.Jika kemudian bensin keluar dari selang keluar berarti karburator kebanjiran.Buka karburator kemudian cek katup jarum.Jika terdapat kotoran pada katup dapat menyebabkan katup tidak menutup sempurna dan bensin akan terus mengalir dan membanjiri karburator.

9. Kompresi di dalam silinder lemah.

Kompresi yang lemah menyebabkan mesin sukar menyala dan gejala yang sering timbul jika kompresi pada ruang bakar lemah adalah terjadi bunyi ledakan pada knalpot.Hal ini karena bahan bakar tidak seluruhnya habis terbakar di dalam silinder ruang bakar.Sistem kompresi yang lemah menyebabkan sebagian campuran bahan bakar bocor dan terbakar diluar ruang bakar.Penyebab kompresi lemah biasanya adalah:

• Penyetelan celah katup /klep yang kurang tepat.
• Silinder aus.
• Piston yang telah aus.
• Ring piston aus.
• Gasket tutup silinder yang telah rusak.

0 komentar:

Poskan Komentar