Jenis engine sepeda motor yang digunakan saat ini ada 2 jenis yaitu engine 4 tak dan 2 tak,namun akhir-akhir ini jenis engine 2 tak mulai jarang digunakan dan pabrikan sepeda motor pun sudah mulai tidak memproduksinya.Namun tidak ada salahnya kalau kita mengetahui apa perbedaan antara mesin 4 tak dan mesin 2 tak.
Mesin 4 tak dan 2 tak dibedakan atas langkah kerja dan konstruksinya:
A.Mesin 2 Tak
Mesin 2 tak/langkah adalah mesin yang dalam satu siklus kerjanya membutuhkan 2 langkah yaitu langkah isap dan langkah buang untuk menghasilkan satu kali putaran poros engkol.
1.Langkah Isap.
Pada langkah isap piston bergerak dari TMB(Titik Mati Bawah) Menuju TMA(Titik Mati Atas).Pada saat piston berada pada posisi TMB campuran bahan bakar yang berada di bawah piston didorong keluar melalui saluran pembilasan.Dari posisi TMB piston naik menuju TMA piston akan mendorong campuran bahan bakar yang yang keluar dari saluran pembilasan sampai piston menuju TMA.Pada posisi TMA ini terjadi kompresi atau penekanan campuran bahan bakar di dalam silinder oleh piston dan pada saat ini pula busi akan memercikkan api dan terjadilah pembakaran yang menghasilkan letusan untuk mendorong piston menuju TMB.
2.Langkah Buang.
Ledakan yang dihasilkan dari proses pembakaran di dalam silinder akan mendorong piston bergerak dari TMA menuju TMB.Piston dari TMA Ke TMB akan mendorong campuran bahan bakar dari saluran masuk menuju saluran pembilasan.Saat piston berada pada posisi TMB saluran pembuangan dan pembilasan akan terbuka,campuran bahan bakar dari saluran masuk melalui saluran pembilasan akan mendorong gas sisa pembakaran di dalam silinder keluar menuju knalpot dan selesailah satu siklus kerja dari mesin 4 tak.
B.Mesin 4 Tak
Pada mesin 4 tak/langkah dalam satu siklus kerjanya diperkukan 4 langkah proses dalam 2 kali putaran poros engkol.
1.Langkah hisap.
Pada langkah ini pistom akan bergerak dari TMA menuju TMB,posisi katup masuk akan membuka,pergerakan piston dari TMB menuju TMA akan menarik/menghisap campuran bahan bakar dari karburator masuk menuju silinder/ruang bakar.
2.Langkah tekan/kompresi.
Dari posisi TMB piston akan bergerak menuju TMA mendornog campuran bahan bakar didalam silinder ,pada proses ini semua katup akan tertutup sehingga terjadilah tekanan udara dalam silinder meningkat.
3.Langkah Pembakaran.
Sesaat sebelum piston mencapai TMA busi mengeluarkan percikan api kemudian terjadilah proses pembakaran campuran bahan bakar di dalam silinder.Hasil pembakaran ini adalah ledakan dengan energi yang sangat besar untuk mendorong piston dari TMA menuju TMB memutar poros engkol dan menggerakkan roda gigi transmisi pada sepeda motor.
4.Langkah Buang.
Pada langkah ini piston bergerak dari TMB Menuju TMA dengan posisi katup buang terbuka.Gas sisa pembakaran akan terdorong keluar melalui katup pembuangan menuju knalpot.Sampai sini selesai sudah satu siklus dari proses kerja mesin 4 tak.
1 komentar:
Casino, Spa and Gaming near Mahnomen - MapyRO
Find the best Casinos kadangpintar in Mahnomen, Minnesota with 오산 출장마사지 MapyRO. Providing you the best casino information 인천광역 출장안마 and 세종특별자치 출장마사지 top 광주광역 출장샵 reviews.
Posting Komentar